Nusantaratalk.Id, Kota Tangerang - Untuk meningkatkan
kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot)
Tangerang terus mengupayakan inovasi dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari
kesehatan, kesejahteraan sosial, manajemen aparatur/pegawai, hingga
teknologi.
Sekretaris Daerah Pemkot Tangerang, Herman Suwarman, saat membuka rapat
sosialisasi Aplikasi Penerimaan Tamu via zoom meeting, Rabu (11/10). Ia
mengatakan, berbagai inovasi terus digaungkan Pemkot Tangerang. Hingga Kota
Tangerang dijuluki Smart City.
Julukan tersebut tentunya, menarik perhatian dari berbagai
pihak untuk mengunjungi Kota Tangerang. Mulai dari akademisi, mahasiswa, yang
juga dapat memicu penelitian serta pendidikan dan pelatihan.
Dengan demikian, lanjut Herman, Pemkot Tangerang terus mengembangkan
berbagai aplikasi, dalam hal ini menghadirkan Aplikasi Penerimaan Tamu.
“Aplikasi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada para tamu
yang ingin berkunjung, dan menghindari kemungkinan kelalaian dalam penanganan
permohonan kunjungan,” ujar Herman, saat membuka rapat.
Herman, menjelaskan, dengan aplikasi tersebut, nantinya
pengunjung dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi dan
menunggu dinas yang ingin dikunjungi menjawab permohonan.
“Selain itu, bisa mengetahui jumlah tamu, aplikasi ini juga
meminta tamu untuk mengunggah bukti pemesanan tempat menginap di Kota
Tangerang,” jelasnya.
Lanjut Herman, aplikasi tersebut juga untuk menghindari
kunjungan yang melebihi kapasitas.
“Selain itu untuk menghindari permohonan kunjungan yang tidak
terlayani karena waktu yang bentrok atau permohonan kunjungan yang melebihi
kapasitas (overload),” ungkap Herman.
Herman berharap, kehadiran aplikasi tersebut juga dapat
membantu pemerintah maupun masyarakat.
“Dan tentunya, diharapkan akan memberikan kontribusi pada
Pendapatan Asli Daerah,” imbuhnya. (Hans)