Iklan

Mahasiswa Kristen Demo di depan kantor Pemda Kab Karawang

Mahasiswa Kristen Demo di depan kantor Pemda Kab Karawang

Karawang, Nusantaratalk.Id - GMKI Karawang melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Daerah Karawang, pada jumat (01/03/2024). Orasi ini dilakukan terkait adanya dugaan kasus tindak pidana korupsi .

“Korupsi adalah musuh bersama di tanah air kita ini. Yang harus di musnahkan dari Indonesia.” kata Irwancis Siringo Ringo, Ketua GMKI Karawang.

Beberapa tahun terakhir kerap terjadi kasus korupsi di Karawang. Dan baru-baru ini Kajaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat (Jabar) memanggil sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang yaitu Acep Jamhuri karena diduga kasus korupsi. Oleh alasan itu GMKI Karawang menggelar aksi ini.

Dalam aksi tersebut GMKI Karawang menyatakan sikap dan berikut pernyataan tuntutan. Pertama, Mendesak pemerintah Kabupaten Karawang untuk secara transparan membuka seluruh data-data yang diperlukan pihak Kejati dalam proses penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh beberapa Pejabat Pemerintah Kabupaten Karawang .

Kedua, Mendesak pemerintah Kabupaten Karawang untuk menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Karawang atas kegaduhan yang muncul di berbagai media masa, terlepas dari terbukti atau tidaknya dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

Kemudian ketiga, Mendesak dan meminta seluruh elemen Penegak Hukum di Kabupaten Karawang seperti Kejaksaan Negeri Karawang dan Kepolisian Resort Karawang untuk membantu proses penegakan hukum dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Karawang

Keempat, Mendesak dan meminta kepada pejabat yang berwenang untuk segera memecat Pejabat Kabupaten Karawang, termasuk Sekda Kabupaten Karawang apabila nantinya terbukti secara sah telah melakukan tindak pidana korupsi

Dan kelima, Meminta kepada Kejati untuk menindaklanjuti proses pemeriksaan Sekda Karawang atas dugaan tindak pidana korupsi

Ketua GMKI Karawang, Irwancis Siringoringo meminta kepada Menteri Dalam Negeri memberikan teguran kepada Bupati Karawang karena belum adanya keseriusan dalam menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Karawang.

“Karawang kota industri, tapi masyarakat banyak miskin,” pungkas Irwancis Siringoringo.

Dalam kalimat penutupnya, Irwancis Siringoringo menyampaikan bahwa GMKI akan terus turun ke jalan melakukan aksi sampai tuntutan ini direalisasikan.

“Jika Pemerintah Daerah Karawang Bupati Karawang belum melakukan transparasi data kemiskinan serta tidak melakukan terobosan dalam mengurangi tingkat kemiskinan, maka kami akan melakukan aksi lagi". tegasnya. (Ares).

Lebih baru Lebih lama