Iklan

Bawaslu Yapen Gelar Apel Siaga Pengawasan Bersama Panwaslu Distrik se Yapen

Bawaslu Yapen Gelar Apel Siaga Pengawasan Bersama Panwaslu Distrik se Yapen

Yapen, Nusantaratalk.Id - Jelang Pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang, segenap jajaran pengawas Pemilu tingkat Kabupaten dan Distrik se Kabupaten Kepulauan Yapen dan Penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) mengelar Apel Siaga dalam rangka Pengawasan Pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Kepulauan Yapen pada Rabu, 13 Desember 2023. 

Apel Siaga Pengawasan Pemilihan umum serentak tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Kordinator Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Kabupaten Kepulauan Yapen, Salmon Robaha, S.IP, selain juga dihadiri Wakapolres Yapen Kompol Nursalam Saka, Tim Gakkumdu Yapen, Kepala Sekretariat Bawaslu Yapen Agung R Sismianto, SP,  Jajaran Bawaslu Yapen baik staf, maupun Ketua dan anggota Panwaslu dari 17 Distrik se Kabupaten Kepulauan Yapen.  

Dalam amanat Apel Siaga yang disampaikan Kordinator Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Kabupaten Kepulauan Yapen, Salmon Robaha, S.IP, mengajak kita semua bergandeng tangan satukan tekad dan tujuan dalam membangun langkah maju dalam proses pengawasan Pemilu dan Penegakkan hukum, ujarnya dihadapan peserta Apel siaga. 

Menurut Kordiv Salmon Robaha bahwa kita tahu banyak tantangan yang kita hadapi tetapi yakinlah kalau setiap apa yang kita kerjakan jika dilakukan dengan Iklas dan sebaik-baiknya, pasti akan ada sebuah pembaharuan untuk hari esok.

Harapan saya kepada Pengawas Pemilu di distrik, kita adalah Pengawas Pemilu yang di pundak saudara saudari terletak seluruh Harapan masyarakat untuk menjaga Hak Suara mereka, jagalah itu, kawallah itu sampai suara itu ditetapkan dan terkonfersi menjadi kursi, bebernya.

Penyelenggara Pemilu tidak harus menjadi Pembuat Konflik apalagi Pengatur Skor, lakukanlah Pengawasan sebaik mungkin, kedepankan Pencegahan dan Tegas, Tegakkan Hukum Pemilu manakala Pencegahan itu sudah dilakukan.

Ditegaskan Kordiv Robaha bahwa yang paling terpenting Pemilu tidak untuk memecah belah, tetapi Pemilu untuk mempersatukan setiap Perbedaan dalam menentukan putra putri terbaik bangsa yang nantinya menjadi mata dan telinga rakyat untuk mewujudkan pembangunan daerah 5 tahun ke depan.

Ayo kita Awasi bersama, jaga Kesehatan, Optimalkan Pencegahan, Tegakan Keadilan Pemilu, dan Jangan berkompromi dengan sebuah Proses Ubah-Ubah Suara Caleg. atau Partai Politik, ujar Salmon  mengakiri amanat apel siaga. 

Sementara Wakapolres Yapen Kompol Nursalam Saka mewakili Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Herzoni Saragih, mengatakan dihadapan pengawas Pemilu yang harus dipedomani yaitu pertama harus menjaga Integritas dan marwah sebagai petugas yang diberikan kewenangan untuk mengawasih jalannya Pemilu supaya jangan sampai ada proses negosiasi untuk merubah hasil suara, bebernya.  

Hal kedua Panwaslu tingkat Distrik merupakan garda terdepan menjaga Integritas Bawaslu dan Panwaslu terutama saat nanti Pemungutan suara, dan juga perlu memahami peraturan-peraturan yang ada dan berkaitan dengan tugas-tugas pada saat mengawasih jalannya Pemilu, kita bertindak tegas kalau kita menguasai aturan-aturan yang ada. 

Selain itu, poin ketiga dijelaskan bahwa perlu kerjasama, menjaga kekompakan sesama penyelenggara, bangun komunikasi dengan KPU secara berjenjang kebawah, dimana perlu jalin kordinasi termasuk semua aparat keamanan yang ditugaskan disemua tingkatan, serta tak tertinggal menjaga kesehatan fisik agar semua proses tahapan Pemilu dapat terlaksana dengan jujur, adil, aman dan lancar. 

Pada kesempatan tersebut, perwakilan Kejaksaan Negeri Serui Daniel Purba menjelaskan bahwa perlu Panwaslu memberikan pencerahan dan edukasi kepada masyarakat agar dalam pemilihan nantinya tidak terdapat unsur Pidana dan juga diharapkan para Panwaslu berperan aktif memberikan informasi. 

“perayaan Natal dan tahun baru yang sedang kita masuki ini pastinya ada pergerakan-pergerakan dari oknum-oknum sehingga dengan peran Bapa Ibu lebih meningkat Pengawasan”. 

Giat apel siaga pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 ini telah dilakukan berjenjang oleh seluruh pengawas Pemilu dimana giat ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi publik terutama para Pemilih agar ikut berpartisipasi aktif dalam menciptakan Pemilu yang berlangsung umum bebas dan berintegritas. (Rilis/)

Lebih baru Lebih lama