Iklan

Gelar Ritual Uci Orom Sasadu, Ketua Dewan Adat Suku Sahu Jio Talai Padusua: Lestarikan Budaya kita!


Gelar Ritual Uci Orom Sasadu, Ketua Dewan Adat Suku Sahu Jio Talai Padusua: Lestarikan Budaya kita!

Halmahera Barat, Nusantaratalk.Id - Dewan Adat Suku Sahu Jio Talai Padusua menggelar ritual Uci Orom Sasadu atau makan-makan adat yang dilaksanakan Desa Loce, Kecamatan Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat, Rabu (20/09/2023).

Pada agenda sakral tersebut, oleh etnis suku pembudidaya padi ladang di Daratan Halmahera ini, turut disertai dengan adanya prosesi pengukuhan Wakil Ketua Dewan Adat dari unsur Jio Talai dan Unsur Jio Padusua.

Dalam penyampaiannya, Ketua Dewan Adat Suku Sahu Jio Talai Padusua, Robinson Missi yang sekaligus Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Halmahera Barat, menekankan pentingnya pelestarian adat istiadat.

"Adat istiadat merupakan jati diri kita, dengan melestarikannya sama halnya menjaga diri kita sendiri"

Pengukuhan Wakil Ketua Dewan itu sebagai bentuk penguatan kelembagaan dengan harapan dapat berpartisipasi dalam berbagai hal.

"Kehadiran Lembaga Adat menjadi salah satu _stakeholder_ yang dapat berpartisipasi dalam berbagai hal demi kepentingan daerah, baik dari aspek pariwisata, pertanian bahkan politik"

Sebagai tambahan informasi, Dewan Adat Suku Sahu Jio Talai Padusua telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI dengan nomor AHU: 00453.60.10.2014 tertanggal 04 September 2014 dan memiliki berbagai warisan budaya tak benda, yaitu Tarian Legu-Salai, Bahasa Sahu, Alat Musik, Pakaian Adat, Tradisi Tanam Padi (Wela-wela), Maloar Sahu (Tradisi Perkawinan dan Hukum Dolasiwor). Briliano Doter

Lebih baru Lebih lama