Iklan

Membina UMKM, Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Gelar Workshop

 

Membina UMKM, Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Gelar Workshop

Tangerang, Nusantaratalk.Id - Membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Yayasan padepokan kebangsaan karang tumaritis menggelar Workshop Series Pelatihan UMKM di Padepokan kebangsaan Karang Tumaritis, Minggu (02/10/2022).

kegiatan ini terselenggara bekerjasama dengan PLN Peduli dan Yayasan padepokan kebangsaan karang tumaritis

Abraham Garuda Laksono, Ketua Yayasan padepokan kebangsaan karang tumaritis, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini dalam terlaksana dengan baik dan menambah pengetahuan baru kepada UMKM

Taufan, ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa pihaknya kali ini menggelar kegiatan workshop series pelatihan bagi UMKM dalam rangka meningkatkan kemampuan UMKM yang menjadi binaan dari lembaganya.

Menurutnya saat ini UMKM banyak mengalami permasalahan yang memerlukan pembinaan lebih lanjut dari para ahli dibidangnya untuk berkembang.

“Kami berharap dapat dimanfaatkan oleh para umkm sehingga mereka dapat  lebih berkembang dan maju. Sehingga permasalahan-permasalahan yang ada dapat menjadi bahan diskusi dalam kegiatan ini,” katanya.

Taufan melanjutkan, selain pembinaan, menurutnya umkm memerlukan akses informasi. Karena banyak informasi terkait perkembangan seputar UMKM baik di permodalan maupun permasalahan bantuan pemerintah tidak sampai kepada mereka.

“Workshop kali ini juga merupakan salah satu upaya memberikan UMKM wadah untuk mendapatkan informasi baik masalah perizinan, bantuan modal hingga bagaimana mendapatkan pengetahuan baru buat mereka,” katanya.

Sayuti, Pemateri Analisa Market mengatakan bahwa kemampuan UMKM dalam menganalisis perilaku pelanggan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

“Bisa jadi dengan mengetahui segmentasi pelanggan kita bisa menawarkan produk lain yang kemungkinan akan dibeli. Sehingga keuntungan dapat bertambah,” ungkapannya

Sayuti melanjutkan, tentu saja menganalisa pasar tidak selalu merupakan kegiatan rumit dan sulit. Dirinya  mencontohkan bahwa menganalisa pasar bisa dilakukan dengan hanya memperhatikan beberapa hal yang dilakukan oleh pelanggan saat membeli produk sehingga terlihat sebuah pola berulang.

Sementara, Richard, Pemateri Entrepreneur mengatakan bahwa hal yang paling utama dari menjadi pengusaha adalah memulai dari mimpi kemudian berjuang untuk mewujudkan hingga menjadi sebuah kerajaan bisnis yang besar.

“Meskipun hal ini tidak mudah, tapi dengan semangat juang dan kemauan untuk berkembang dapat meningkatkan peluang untuk berhasil,” pungkasnya. (Eni)

 


Lebih baru Lebih lama