Iklan

Masyarakat Adat Suku Sahu Desa Akelamo Gelar Ritual Makan-makan Adat Orom Sasadu

 

Masyarakat Adat Suku Sahu Desa Akelamo Gelar Ritual Makan-makan Adat Orom Sasadu

Halmahera Barat, Nusantaratalk.Id - Suku Sahu Jio Talai Padusua Desa Akelamo Kecamatan Sahu Timur Kabupaten Halmahera Barat Barat menggelar ritual makan-makan adat yang bertempat di Rumah Adat Suku Sahu yang disebut Sasadu atau Sabua (04/10/2023).

Ritual makan-makan adat atau yang dalam Bahasa Sahu disebut Orom Sasadu merupakan sebuah ritual yang merupakan bentuk pengucapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen dari kebun. Suku Sahu dikenal sebagai etnis pembudidaya padi ladang di masa lalu dan masih diteruskan hingga saat ini.

Berdasarkan pantauan awak media, antusias masyarakat cukup tinggi termasuk yang bukan beretnis Suku Sahu tanpa tanpa terkecuali anak-anak yang turut menggunakan busana adat Suku Sahu.

Pada ritual adat tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Halmahera Barat, Bapak Djufri Muhamad yang dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan ritual adat tersebut.

"Orom Sasadu adalah warisan budaya yang ditinggalkan oleh leluhur kita dan kita memiliki kewajiban untuk melestarikannya dan memastikan tetap diteruskan kepada anak-anak generasi muda kedepannya"

Sambutan lainnya juga disampaikan oleh Ketua Dewan Adat Suku Sahu Jio Talai Padusua, Bapak Robinson Missy yang sekaligus Wakil Ketua I DPRD Halmahera Barat.

"Warisan Budidaya Suku Sahu yang saat ini telah terdaftar yaitu sebanyak 9 yang tergolong dalam warisan budaya tak benda, satu diantaranya antaranya adalah "Moloar" yaitu hukum yang mengatur secara khusus hal-hal mengenai perkawinan dan permasalahan rumah tangga"

Hal tersebut disampaikan dengan maksud untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa apabila terdapat masalah yang terjadi dalam masyarakat, tidak semerta-merta langsung di bawa ke ranah hukum yang diatur oleh Negara, akan tetapi memberikan kewenangan untuk diselesaikan terlebih dahulu oleh Kelembagaan Adat Suku Sahu di desa masing-masing. (Briliano Doter )


Lebih baru Lebih lama