Iklan

Diguyur Hujan, Pawai Iraw Tengkayu XII Tetap Tampil Maksimal


Diguyur Hujan, Pawai Iraw Tengkayu XII Tetap Tampil Maksimal

Tarakan, Nusantaratalk.id - Meskipun diguyur hujan deras, semangat meriah masih menghiasi Pawai Iraw Tengkayu XII Tarakan.  Berlangsung di jalan depan Stadion Datu Adil sekitar pukul 11.30 pagi hari ini, acara yang dinantikan oleh warga Tarakan ini terlihat antusias. 

Pantauan Nusantaratalk.id,  beberapa peserta tampak basah kuyup diguyur hujan.  semangat mereka tidak surut sedikit pun. Puluhan ribu mata yang menyaksikan keberlangsungan kegiatan ini menyaksikan bagaimana peserta pawai dengan semangat tinggi melanjutkan perjalanan mereka di tengah guyuran air dari langit. 

"Kita lihat semuanya antusias dari awal sampai sekarang, walaupun hujan. Luar biasa mereka (peserta), patut diacungi jempol," ungkap salah satu penonton bernama Ade, Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Kemudian, seorang penonton lainnya yang menyaksikan langsung dari lampu merah simpang ladang, pun melihat rombongan peserta pawai diguyur hujan deras. Ia berkata tetap berlanjut meski hujan. 

Tampak terlihat arak-arakan pawai budaya, dimeriahkan kendaraan hias roda empat, sepeda hias, pejalan kaki dan perahu adat Tidung yang akrab disebut Padaw Tuju Dulung. 

"Sangat meriah ya. Dari tadi sudah hujan gerimis terus itu deras tapi regu setiap pawai tetap tampil maksimal. Kami nonton di ladang, sampai cari tempat berteduh supaya bisa melihat pawai Iraw ini," jelas warga Kelurahan Gunung Lingkas, bernama Melvi. 

Secara terpisah, Prakiraan cuaca Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika  (BMKG), menunjukkan siang ini Kota Tarakan diguyur hujan. Bahkan di tengah keramaian Pawai Budaya Iraw Tengkayu XII, para peserta dan penonton pun terbasahi guyuran air hujan. 

Kepada Nusantaratalk.id, Forecaster On Duty BMKG Stasiun Meteorologi Juwata Tarakan, menginfokan cuaca Tarakan diguyur hujan. Termasuk pula area yang dilintasi kegiatan pawai budaya tersebut. 

"Hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi diwilayah Tarakan Timur dan Tengah pada pagi hari," jelas Prakirawan BMKG, Elok Suci Wulandari, S.Tr pada Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Hujan lokal itu, diprediksi akan berakhir pada siang hari. Dalam prakiraan cuaca Kota Tarakan hari ini, cuaca cerah terjadi pada sekitar pukul 14.00, 17.00, 20.00, 23.00 WITA.

"Prakiraan nanti jam 2 (14.00) keatas cerah berawan hingga berawan," tandasnya. (Kristianto/Julison)

Lebih baru Lebih lama