Iklan

SBY Merapat Ke Prabowo, Apa Untungnya ?

 

Jakarta, Nusantaratalk.Id - Kabarnya Prabowo Subianto beri sinyal Demokrat ikut gabung Koalisi Indonesia Maju makin menguat. Deklarasi resmi akan disampaikan pekan ini. Bahkan saat SBY menyembangi rumah prabowo subianto di Halambang Bogor, Minggu 17/9/2023), menyatakan akan ikut turun gunung untuk memperjuangkan Prabowo menjadi Presiden.

Pengalaman SBY yang mampu memenangkan Pilpres selama dua periode tidak bisa dilihat sebelah mata dan memiliki pengaruh penting untuk mendulang suara di Jawa Timur. Sehingga dinilai bisa saja peran Demokrat untuk Prabowo dapat memberi efek elektoral jika SBY all out dan turun gunung

Dalam sambutannya SBY saat pertemuan tersebut menyatakan bahwa merasa nyaman dengan Prabowo, lalu ia melihat latar belakang Prabowo yang merupakan seorang pejuang TNI, dan apalagi partai Gerinda dengan Demokrat memiliki sejarah panjang kerja sama karena pernah berkoalisi pada pemilu-pemilu sebelumnya. Tidak hanya itu juga, Dinilai program dan visi Prabowo sebagai Capres dianggap tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan AHY.

Keputusan AHY dan SBY yang memutuskan dukungan Partai Demokrat ke Prabowo sebagai Capres di Pilpres 2024 menimbulkan keuntungan dan tentu ada tantangannya.

Salah satu aktifis  pemuda Betawi, Hans Boy Rafli mengatakan bahwa jaringan yang dimiliki Partai Demokrat bisa berdampak pada perolehan suara Prabowo di Pilpres 2024. Menurutnya, ini ujian buat Demokrat apakah bisa mengkapitalisasi loyalis Demokrat yang merasa kecewa dengan keputusan Anies Baswedan memilih Cak Imin sebagai pendamping atau justru anggotanya cuek dengan Cak Imin tapi tetap memilih Anis Baswedan karna terlalu Mengidolakan sebagai Presiden.

Hans juga menilai, SBY Merapat ke Prabowo, ada kemungkinan bahwa SBY dan Prabowo memiliki tujuan strategis bersama yang lebih besar, seperti mempengaruhi arah politik nasional atau mempertahankan stabilitas dalam situasi politik yang kompleks.

Lebih baru Lebih lama